Mengenal Apa Saja Keunggulan Dari Chatbot

Halo semuanya pada artikel kali ini  alafgani.web.id akan memberikan informasi seputar mengenal Apa Saja Keunggulan Dari Chatbot. langsung saja kita pahami terkait ini yuk!

Apa Itu Chatbot

Chatbot merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi setiap pebisnis, terutama dalam mempermudah pekerjaan dengan memberikan jawaban cepat untuk pesan dari pelanggan.

Meskipun chatbot belum sepenuhnya bisa menggantikan peran manusia, mereka sangat berguna ketika menghadapi situasi dengan banyak pertanyaan dari pelanggan.

source image(freepik.com)

Definisi Chatbot

Chatbot adalah program komputer yang meniru percakapan manusia melalui perintah suara, teks, atau kombinasi keduanya, Istilah “chatbot” berasal dari kata “chatterbot,” yang merupakan bentuk kecerdasan buatan (AI), Selain dikenal sebagai chatbot, istilah ini juga sering disebut sebagai talkbot, bot, dan berbagai sebutan lainnya.

Chatbot adalah aplikasi interaktif yang dibuat untuk berkomunikasi dengan manusia melalui berbagai platform.

Ini termasuk layanan pengiriman pesan yang menggunakan teks sebagai cara untuk berinteraksi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adalah layanan percakapan virtual di mana salah satu pihak adalah robot.

Robot ini mampu memahami perintah dan memberikan jawaban yang cepat serta relevan terhadap pertanyaan pengguna.

Beberapa survei telah menunjukkan bahwa banyak pebisnis yang sudah memanfaatkannya.

Hal ini dikarenakan penggunaan chatbot dianggap lebih efisien dibandingkan dengan mempekerjakan tenaga manusia.

Cara Kerja Chatbot

1. Chatbot yang berorientasi pada tugas

ini adalah program yang dirancang dengan tujuan tunggal, berfokus pada satu fungsi tertentu.

Jenis ini dapat memberikan respons otomatis dalam bentuk percakapan untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Interaksi yang dilakukan sangat spesifik dan terstruktur, sehingga paling sesuai digunakan untuk memberikan layanan kepada pengguna.

Obrolannya berorientasi pada tugas, seperti menangani pertanyaan umum, contohnya mengenai jam buka toko atau transaksi sederhana di bisnis online.

Meskipun kemampuan yang dimiliki cukup dasar, jenis chatbot ini merupakan yang paling umum digunakan dalam dunia bisnis.

2. Chatbot yang bekerja dengan dasar data dan prediktif

Jenis chatbot ini sering dikenal sebagai asisten virtual atau asisten digital karena memiliki kecanggihan yang lebih tinggi.

Selain itu, tipe ini juga lebih interaktif dan dapat dipersonalisasi dengan lebih baik dibandingkan dengan yang berfokus pada tugas.

Chatbot ini telah dilengkapi dengan kecerdasan prediktif dan analitik, yang memungkinkan personalisasi berdasarkan profil dan perilaku pengguna.

Dengan demikian, jenis ini dapat mempelajari preferensi pengguna seiring waktu, memberikan rekomendasi, dan bahkan mengantisipasi kebutuhan pengguna.

Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Bisnis

1. Menghemat waktu

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan adalah kemampuannya menghemat waktu bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi.

Chatbot akan memberikan jawaban yang relevan sesuai dengan pertanyaan konsumen, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respons dari pebisnis.

Manfaat ini tentu saja memungkinkan suatu bisnis untuk menjadi lebih produktif, karena tidak akan kewalahan dalam menjawab pertanyaan dari pengguna.

source image(freepik.com)

2. Memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik

Keuntungan lain dari penggunaannya adalah kemampuannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Hal ini karena tersedia 24 jam nonstop, sehingga dapat menjawab pertanyaan pelanggan kapan saja.

3. Tidak memerlukan dana yang besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak bisnis yang mulai menggunakan karena dianggap lebih hemat dan efektif.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan ini, bisnis tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk menggaji karyawan tambahan.

Baca Juga: Apa Itu Smart City Dan Contohnya

4. Mengurangi kesalahan

Tidak ada karyawan yang sempurna dan bebas dari kesalahan. Seorang customer service pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang kecil maupun yang besar.

Namun, hal ini dapat dihindari dengan menggunakan layanan . Setiap jawabannya akan selalu akurat sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Dengan demikian, berbagai kesalahan dapat dihindari, sehingga pelanggan tidak akan menerima informasi yang salah.

Contoh Penggunaan Chatbot

Adanya di situs tertentu memudahkan pelanggan untuk melakukan berbagai hal, seperti mengembalikan barang, meminta refund, atau mengajukan komplain.

Penggunaan juga telah merambah ke situs pemerintahan, di mana mereka bermanfaat dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Berikut beberapa contoh yang mungkin sudah dikenal dan sering digunakan:

  • Siri by Apple: Asisten virtual ini adalah jenis AI yang dapat digunakan pada perangkat Apple.
  • Duolingo: Aplikasi ini menggunakan AI untuk mendukung pembelajaran bahasa dengan cara yang mudah dan efektif.
  • World Health Organization (WHO): Di awal pandemi, WHO menjadi sumber informasi terkait Covid-19 dan meluncurkan layanan melalui WhatsApp untuk memberikan informasi kepada masyarakat global.

Leave a Comment