Profil Technopreneur, Peluang Usaha dan Pekerjaan/Profesi

Halo siswa/i SMKN 1 Rangkasbitung dan seluruh siswa/i di indonesia. pada artikel alafgani.web.id kali ini kita akan membahas Profil Technopreneur, Peluang Usaha dan Pekerjaan/Profesi bidang Desain Komunikasi Visual. mari kita simak penjelasannya yuk.

Pengertian Technopreneur

Sebelum membahas mengenai Technopreneur desain komunikasi visual. Kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan Technopreneur. Menurut Chua Eung Hwa (Triyono, 2016), “A Technopreneur is an extension of an entrepreneur, and makes use of technology to make a new invention an innovation and thereby exploits his achievement in the market to make money”.

Technopreneurship adalah pengembangan diri seorang pengusaha yang memanfaatkan teknologi untuk membuat penemuan baru atau inovasi sehingga mampu menghasilkan nilai ekonomis. Sedangkan menurut Jousma (Walker, 2012, p.12) “Technopreneurship is described as the interaction between science and industry with the intended output of new economic activity.”. Technopreneurship digambarkan sebagai pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi dan industri dengan menghasilkan nilai ekonomis. Selain keterampilan bisnis, seorang Technopreneur juga memiliki pengetahuan teknologi yang luas.

Mereka menggabungkan keterampilan kewirausahaan dan menggunakan teknologi untuk mengubah produk atau layanan. Wirausaha adalah sesorang yang menjalankan suatu usaha atau perusahaan dengan segala resikonya, yaitu seperti mendapatkan untung atau rugidari produk atau jasa yangdijualnya. Dalam Perkembangan teknologi dan keterampilan wirausaha proses lahirnya teknopreneur. Seiring perkembangan teknologi dan keterampilan kewirausahaan, proses Technopreneurship muncul.

Dengan perkembangan zaman, konsep kewirausahaan berkembang menjadikemampuan orang yang berpikir untuk melihat peluang dan mengubahnya menjadi
bisnis. Berikut beberapa definisi kewirausahaan menurut para ahli :

technopreneur

Menurut Para Ahli

Jean Baptista Say (1816)

Menurut Jean Baptista Say, seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

Richard Cantillon(1775)

Menurut pendapat Richard Cantillon kewirausahaan adalah seseorangyangbekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi, definisi ini lebih menekankan pada bagaimana
seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian.

Jean-Baptiste Say (1816)

Menurut Jean Baptista Say, wirausaha adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

Ahmad Sanusi (1994)

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku dasar tujuan, trik, taktik, tenaga penggerak, proses, dan hasil bisnis.

Raymond (1995)

Kewirausahaan adalah seseorang yang inovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreativitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan diri, lingkungan, dan masyarakat.

Joseph Schumpeter (1934)

Wirausahawan adalah seorang inovator yang mampu mengimplementasikanPerubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi
baru tersebut bisa dalam bentuk kemampuan memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru, kemampuan memperkenalkan metoda produksi baru, kemampuan membuka pasar yang baru (new market), kemampuan memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, serta kemampuan untuk menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Selanjutnya Schumpeter menyatakan bahwa wirausaha terkait dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta dengan kombinasi sumberdaya.

Thomas W. Zimmerer (2008)

Entrepreneurship (kewirausahaan) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

Sikap Technopreneur

Seorang Technopreneur harusmempunyai beberapa sikap, yaitu:

  1. Mempu berfikir dan bertindak kreatif dan inovatif.
  2. Mampu bekerja tekun, teliti,optimis dan produktif.
  3. Mampu berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat.
  4. Mampu berkarya dengan semangat, mandiri dan tanggung jawab.
  5. Mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara.
  6. Sistematis dan berani mengambil resiko.

Peluang Usaha Desain Komunikasi Visual

Seorang entrepreneur harus pandai mencari peluang dan perencanaan yang cermat adalah dua hal yang berhubungan satu sama lain. Jika Anda menemukan peluang, Berikutnya adalah membuat perencanaan. perencanaan adalah hal yang sangat mendasar dalam membangun bisnis. Tujuan dari desain komunikasi visual adalah karya seni desainnya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari di sekitar anda Misalnya, banyak konsumen saat ini membutuhkan layanan Desain, pembuatan konten video promosi seperti iklan,poster dan sebagainya. Mengikuti Prospek atau peluang bisnis di industri Desain Komunikasi Visual.

Ilustrator

Ilustrator adalah orang yang bekerja di bidang jasa ilustrasi. Gambar illustrasi ini sering digunakan di surat kabar, majalah, buku, situs web, periklanan, dan media produksi , storyboard pada perfilman, dan lain-lain. Profesi sebagai ilustrator dapat dikerjakan secara individu ataupun secara berkelompok. Ada beberapa bagian dalam tim kerja ilustrator yang diatur berdasarkan perana dalam bekerja, antara lain:

a. Perancang gambar (skecther),
b. Bagian penintaan (inker), dan
c. Bagian pewarnaan (colouring).

Seorang ilustrator dapat bekerja secara manual ataupun menggunakan teknologi komputer atau smartphone untuk menyempurnakan hasil karyanya. Keahlian seorang ilustrator dalam menangani perangkat digital adalah kemampuan mengolah gambar grafis seperti gambar vektor dan bitmap.

Komikus

Komikus adalah seseorang yang profesinya membuat gambar illustrasi sekaligus isi dari cerita komik. Profesi ini tidak jauh berbeda dengan ilustrator, yang membuat sebuah gambar. namun seorang komikus harus bisa membuat isi cerita dari alur komik yang akan dibuat.

Desainer Grafis

Desainer grafis adalah sebagai komunikator visual, yang membuat konsep dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak grafis khusus. Seorang Desainer
grafis mengkomunikasikan ide-ide mereka untuk menginspirasi, menginformasikan atau membuat kampanye yang menarik bagi konsumen melalui bentuk seni fisik dan virtual. Seni virtual ini berisi gambar, kata, dan grafik yang dirancang oleh desainer grafis

Desainer Website

Desainer web adalah seseorang yang bekerja membuat sebuah layout desain website bagian depan halaman (Front-End). Desain dan isi dari web tersebut berupa konten-konten informasi yang akan ditampilkan di halaman depan. Seorang desainer web harus memiliki sebuah ide yang menarik agar pengunjung website mengunjungi halaman website tersebut.

Animator

Animator adalah seseorang yang menciptakan gambar bergerak atau bisa disebut animasi, Animator bekerja di berbagai bidang, seperti film, televisi, video game, dan internet. Contoh karya animasi dalam Desain Komunikasi Visual adalah animasi objek gambar bergerak dalam video iklan, animasi tulisan video, animasi dalam banner pada halaman web, dan sebagainya.

Fotographer

Fotografer adalah profesi seseorang yang mengambil objek gambar pada momen  tertentu dengan menggunakan kamera. Fotografer bekerja tidak hanya di dalam ruangan, tetapi juga bekerja di luar ruangan (outdoor) seperti Kota,Perumahan dan tempat-tempat destinasi lainnya.

Editor Video

Editor Video adalah seseorang yang menyunting video agar hasil video yang didapati menjadi lebih menarik dengan menggunakan aplikasi komputer, editing yaitu agar bisa memanipulasi dan mengatur pengambilan gambar video. Fungsi editing video adalah agar video hasil rekaman awal dapat disajikan lebih menarik.

Videografer

Videografer adalah seseorang yang berprofesi merekam suatu video pada momen tertentu atau merekam suatu objek gambar video untuk memproduksi suatu iklan atau film. Tugas seorang videografer harus memiliki keahlian yang bisa mengambil atau merekam objek gambar secara bagus dan menarik.

Periklanan

Periklanan adalah industri dibidang mempromosikan sebuah usaha maupun produk, peluang bisnis ini masih sangat luas. Hampir setiap hari pengusaha membutuhkan materi iklan dan Iklan Pekerjaan periklanan sangat membutuhkan ide kreatif dan inovatif, mulai dari desain iklan, desain poster, Iklan televisi dan media luar ruang seperti billboard atau videotron.

Penutup

Demikian penjelasan Profil Technopreneur, Peluang Usaha dan Pekerjaan/Profesi bidang Desain Komunikasi Visual, Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Referensi:

  1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, Dan Teknologi RI. 2022. Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual SMK Kelas Jakarta : Kemendikbudristek
    Buku Modul Ajar 1 Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual, M.Abdu Al-Afgani, S.Kom

Downlaod Power Point

Download Modul Ajar 1 Profil Technopreneur, Peluang Usaha dan Pekerjaan/Profesi di Bidang Desain Komunikasi Visual

Leave a Comment